Dalam bahasa Sansekerta Gita artinya Lagu. Blog ini berisi tentang musik-nya si Gita.

Tuesday, July 10, 2007

Biar Kacang Gak Lupa Sama Kulitnya...

Kamis minggu lalu... waktu aku baru nyampe kantor ada SMS masuk... ternyata dari mas Imam, ngajakin aku untuk main piano di Queen Night-nya IA-ITB. Ceritanya mas Bubi, musisi kawakannya ITB Pops pengen nyanyi di lagu You Take My Breath Away (lagunya Queen), jadi dia minta pianis lagi. Yaa... mas Bubi itu lebih dari sekedar pianis, dia lebih cocok disebut musisi.

Acaranya Kamis malam minggu ini. YAH!! Bete... gak bisa lagi... aku sudah keburu beli tiket untuk ke Solo kamis siang. Ini sudah ke sekian kalinya aku menolak ajakan temen-temen PSM. Entah itu ajakan nyanyi, atau ajakan main piano. Macem-macem aja alasannya... yang dinas lah, yang kerja lah, yang dah keburu berencana sama orang lain lah... aku gak pernah berusaha lebih untuk bisa mengiyakan ajakan mereka. Beda banget dengan usahaku dulu untuk ngejar kereta ke Wisma Niaga.

Gak enak sih, berhubung jaman kuliah itu kan mereka lah yang banyak mewarnai hari-hariku. Mereka juga banyak ngajarin dan memberikan wawasan kepadaku, gak hanya soal musik... juga soal... ngg... hahahaha... ah sutralah gak usah dibahas di sini... kekekek...

Hmm... jadi kayak kacang lupa pada kulitnya kan? Nah, kali ini... aku pas dapet pencerahan... akhirnya aku ngundurin tiketku ke Solo, supaya Kamis malam besok bisa ikutan. Dan... kemaren malam setelah menempuh kemacetan dari kost mas Imam ke rumah mas Yudoi, terus dari rumah mas Yudoi ke Cipete, aku "terjebak" di dalam studio-nya mas Bubi... "Terjebak" tapi senang bok...

Lagu yang kumainkan itu judulnya You Take My Breath Away... pertama dengar agak2 bete, bukan bete ama lagunya, tapi emang lagunya tuh sendu banget, secara menor-menor (minor-red) semua tuh chordnya. Dah gitu di bagian awalnya ada lolongan-lolongan yang gak jelas. Hehehe... Sebelumnya hanya latian sambil dengerin MP3-nya, paling sehari sekali dua kali main doang, karena kasian sama yang dengerin, ntar bete. Ternyata ya... lagu aslinya itu berisi Freddie Mercury semua. Kan ada backing vokal koor-nya, nah semua track-nya berisi suara Freddie Mercury. Gilingan...

Sebelum ketemu dengan koor dan mas Bubi, aku agak ragu juga... aku bisa gak ya ngepasin dengan mas Bubi, kapan aku harus masuk (di setiap awal frase). Habis aku juga gak pernah dengar lagunya sebelumnya. Pertama denger lagunya juga setelah dikirimin MP3-nya oleh mas Imam.

Kemaren, waktu di studio... gaptek-ku terhadap keyboard 5 oktaf terjadi lagi. Mas Bubi bilang nanti mau pakek piano digital untuk hari Kamis, tapi hari ini... keyboard dulu aja yaa... Ini dia gaptekku:
1) karena keyboard gak berat seperti piano, jadi aku malah memencetnya dengan halus, lembut, pelan-pelan, gak tega bok... jadinya suaranya pun lamat-lamat tak terdengar. Baru setelah 3 kali main, aku lebih pede untuk mencet dengan agak kuat.
2) setelah nyanyi 1 bait, mas Bubi tiba-tiba berhenti dan bilang: "Hmm... sustain pedalnya dipakek aja... pantesan kedengerannya aneh". Kemudian aku menengok ke bawah... taaarrraaa... ada sustain pedal. Halah... harus ya? Ntar aku jatuh gak ya kalo mesti nginjek pedal?? (posisi mainnya berdiri).

Ternyata... akhirnya semua baik-baik saja. Pas bagian interlude, mas Bubi sambil memainkan akordion. Haa...!!! Ini pertama kalinya aku mengenal seseorang yang bisa main akordion. Waauu...

Aku agak-agak takjub ngeliat alumni-alumni PSM-ITB ini... Apalagi kemaren banyakan masih dalam kostum kantor (termasuk aku), jadi semakin takjub... Selain mas Bubi dkk yang angkatan 80-an, ternyata ada om yang kalo gak salah angkatan 73. Beliau asik memainkan biolanya. Mereka semua itu, dengan kostum bapak-bapak kantoran, keliatan menikmati banget musik mereka. Beda banget dengan bapak-bapak kantoran di kantorku. Aku tidak tahu, apakah kalo di kantor mereka jadi orang kantoran tulen, baru setelah di luar kantor menjelma jadi musisi-musisi yang begitu menikmati musik mereka...

Hmm... Yang pasti saat ini aku senang... akhirnya bisa bantuin temen-temen PSM, meskipun mungkin gak seberapa (usahanya)...

No comments: