Dalam bahasa Sansekerta Gita artinya Lagu. Blog ini berisi tentang musik-nya si Gita.

Monday, July 16, 2007

Misty...

Look at meee....
I'm as helpless as a kitten up a treeee....

Itu dua kalimat awal lagu Misty, karya Erroll Gardner. Menurut aku, lagu itu romantis banget. Tapi... ketika lagu itu ditempeli chord-chord 9, 13, 13b9, 7#5,#9... jadi gak romantis lagi. Bener-bener feeling helpless as a kitten up a tree deh...

Semalam aku latihan PR lesku yang 1 ini. Pak Guru emang sengaja ngopiin lagu itu buat aku, chord-nya diganti semua, jadi bernuansa 9 dan 13, terus belum lagi altered chord macamnya chord Eb13(b9) atau C7(#5)(#9). Tadinya aku masih bisa nyari sendiri, gimana sih voicing-nya chord-chord aneh itu yang masih bisa dijangkau oleh jari-jariku yang gak sepanjang jari-jarinya Jim Brickman. Tapi... begitu sampe di C7(#5)(#9), aku nyerah. Itu maksudnya apaaa....

Aku akhirnya mencari buku Chord Dictionary. Buku itu dah lama banget dibeli, harganya masih 3000 (jaman jebot banget kan), tapi aku belum pernah pakek, mungkin karena ngerasa gak perlu. Jaman dulu kan hanya berhubungan sama chord mayor, chord minor, diminished, augmented, paling ribet ya dominan 7. Gak ada ketemu 9-11-atau-13, apalagi altered chord.

Hmmm... ternyata C7(#5)(#9) itu adalah C7 dengan nada ke-5 dinaikkan 1 semitone, kemudian ditambah nada ke #9. Untuk voicing-nya logisnya sih 3. #5. 7. #9. Supaya ciri chord mayor/minornya tetep ketara (nada ke-3), terus ciri chord dominan atau mayor 7-nya juga ketara (nada ke-7), dan ciri altered-nya juga kerasa (#5 dan #9).

Hehehe... semoga aku cepet hafal deh sama chord2 pusing itu.

No comments: