Dalam bahasa Sansekerta Gita artinya Lagu. Blog ini berisi tentang musik-nya si Gita.

Thursday, June 28, 2007

They Got Us Covered

Oya, aku belum bahas soal Two-Part Invention #4-nya Bach yaa, yang di Got You Covered...

Menurut aku sih, lagu itu jadi kehilangan ke-saxophone-an-nya. Maksudnya... saxophone-nya jadi terdengar kurang saxophone, cuma seperti "another woodwind instrument" aja, mirip clarinet. Mungkin karena yang dipakek juga soprano sax, terus mainnya ngebut (emang tempo aslinya segitu sih...).

Nah... ngomong-ngomong Got You Covered! nih...

Sepertinya lagi nge-trend di kalangan para saxophonist untuk mengeluarkan album cover version, alias album yang lagu-lagunya adalah lagunya orang lain. Tadinya kupikir itu hanya terjadi pada Kenny G. Dalam 2 albumnya terakhir (The Duets Album dan The Most Romantic Melodies of All Time), dia memainkan lagunya orang lain. Mostly jazz standard. Makanya tumben-tumbenan aku menyukai album Kenny G, terutama The Duets Album, hmm… apalagi ditambah dengan fakta bahwa The Duets Album dapet gretongan…huehehehe…

Nah, tahun ini aku menemukan sudah 4 album dari artis yang berlainan yang seluruhnya ngambil lagu lama... Setelah awal tahun aku nemu The Most Romantic Melodies-nya Kenny G, terus setelah itu ada album barunya Dave Koz yang sudah ½ tahun kutunggu: At The Movies. At The Movies ini isinya soundtrack film-film jadul. Jadi sudah pasti lagu orang lain kan… termasuk Manusia Bodoh yang agak-agak ngerusak album ini.

Terus hampir bersamaan dengan At The Movies, album barunya Michael Lington juga beredar, A Song For You. Kalo yang ini isinya lagu-lagu tahun 80-an, juga bukan lagu-lagunya dia sendiri. Hmmm… kudunya dia mainin lagunya SKJ 84 sekalian yaa… teng.. teng-teng-teng-teng-teng!!

Terakhir, aku mendapatkan Got You Covered!-nya Eric Marienthal. Sebenarnya album ini gak yang paling baru kalo dibandingkan The Most Romantic Melodies, At The Movies, ataupun A Song For You. Aku sudah lama melihatnya di Disc Tarra. Mungkin sejak April 2006. Pertama ngeh bahwa album ini ada waktu di Disc Tarra BSM. Gak beli-beli, tapi eh tau-tau dateng sendiri ke rumah… huehehehe…

Dari judulnya saja terlihat bahwa dia memang niat memainkan lagu-lagunya orang lain. Bahkan lagunya Johann Sebastian Bach pun diembat.

Ada apa ya? Kenapa mereka rame-rame di saat yang hampir berdekatan membuat album cover version? Mungkin juga memang para penggemar musik ini lagi hobi bernostalgia, atau mulai bosan dengan karya Smooth Jazz mereka? (hee.. aku kurang jelas, kalo si Eric genre-nya Smooth Jazz juga nggak?). Atau mungkin mereka pengen menjaring lebih banyak konsumen, yaitu konsumen Smooth Jazz plus Jazz Standard (untuk si ML, ya lagu tahun 80-an).

Yang pasti aku sebagai pendengar sih seneng-seneng aja, berhubung aku juga penggemar jazz standard jadul. Kalo soal bosan dengan Smooth Jazz, kayaknya sih enggak ya… meskipun mereka memainkan jazz standard (atau 80-an), tapi ciri-ciri smooth jazz-nya masih ada. Kenny G tetep dengan gaya lemesnya, terus Dave Koz tetep dengan liukan-liukan ala You Make Me Smile-nya, kalo soal si ML dan Eric, aku kurang mengenal musik mereka untuk bisa mengatakan apakah ciri-ciri mereka tetap terjaga di lagu-lagu jadul yang mereka mainkan.

Yah, apapun motivasi mereka…terserah lah. Yang penting, mari kita menikmati lagu-lagu jadul…

No comments: